Tugas Membuat Rencana

PENDAHULUAN

Dalam pembuatan suatu planning atau rencana, kita harus menyusun sebuah konsep agar berjalan dengan baik. Konsep merupakan dasar atau rumusan susunan perencanaan secara strukrtural, dalam hal ini merupakan tahapan-tahapan dari perencanaan yang harus diperhatikan dan dijalankan.

Disini, saya akan menggunakan konsep yang sudah ada, dengan ada beberapa sedikit tambahan yaitu:

Langkah 1 Penetapan Tujuan;
 Arah dan Ruang Lingkup
 Tujuan yang ingin dicapai
• Visi
• Misi

Langkah 2 Pendefinisian situasi saat ini;
 Sejauh mana terhadap sasaran

Langkah 3 Dukungan
 Orang tua
 Teman dan Sahabat
 Lingkungan

Langkah 4 Hambatan

Langkah 5 Penetapan Tindakan
 Komitmen dan Motivasi


LANGKAH PERTAMA – Penetapan Tujuan

#Arah dan Ruang Lingkup

Sebelum menentukan tujuan, saya harus mempunyai Arah agar arah saya bisa mempunyai gambaran dan bisa diperhitungkan. Arah harus jelas dan terarah, jang sampai bias, karena jika dari awal sudah bias, maka prosesnya pun akan bias pula dan hasilnya pun bisa dibayangkan. Pertanyaannya, Arah mana yang saya pilih?

Sedangkan ruang lingkup diperlukan agar mudah, jelas, dan sederhana dalam mencari akses, refrensi, maupun literatur dan menjalani arah yang akan digunakan. Saya meruanglingkupkannya sebagai seorang mahasiswa.

#Tujuan yang ingin dicapai

Dalam menjalani perkuliahan sampai tiga bulan ke depan, akan menghadapi dua moment yang penting, yaitu UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Untuk itu, tujuan di tiga bulan ke depan saya ingin mendapatkan nilai maksimal di kedua event tersebut dan juga sudah bisa aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Selain itu tujuan lain di-tiga bulan kedepan nanti saya klasifikasikan ke dalam visi dan misi tiga bulan kedepan, yaitu;

Visi tiga bulan ke depan
“Menjadi mahasiswa dengan pribadi yang Siap dan Hebat.”
Misi tiga bulan ke depan
“Mencari Input-input yang berguna untuk mengembangkan potensi diri.”

LANGKAH KEDUA – Pendefinisian Situasi Saat Ini


#Sejauh mana terhadap sasaran

Untuk even UTS, akan diberlangsungkan satu atau dua minggu lagi. Materi dari setiap perkuliahan yang akan di uji sudah dipersiapkan. Tetapi pemahaman dari setiap materi, ada yang sudah paham, ada yang belum paham. Untuk itu, saya siapkan materi-materi yang belum saya pahami agar bisa di konsultasikan kepada ahlinya. Untuk even UAS, bisa dilihat dari hasil UTS serta perbaikan – perbaikannya. Pastinya kedisiplinan dan kerajinan harus dijaga konsistensinya.

Dalam kegiatan kemahasiswaan dan berorganisasi, diperlukan keaktifan di lingkungan kampus dan bersosialisasi. Di kampus, ada 2 macam organisasi, yaitu eksternal dan internal. Pengembangan diri di organisasi eksternal lebih bagus, karena setiap kegiatan maupun operasional, tidak terfasilitasi sehingga menuntut sang kader harus mandiri dan kreatif. Sampai saat ini saya belum pasti organisasi mana yang akan dimasuki. Yang jelas masih mencari organisasi yang bagus untuk mengembangkan potensi diri.

LANGKAH KETIGA – Dukungan

#Peran Orang Tua

Setiap Orang tua pasti ingin melihat anaknya sukses atau berhasil. Orang tua saya selalu mendoakan anaknya agar berhasil dan terhindar dari bahaya. Selain itu, orang tua juga membantu banyak hal, dalam hal materi dan pendidikan dari pengalaman-pengalam beliau yang sudah mapan.

#Teman dan Sahabat

Ada sebuah falsafah mengatakan bahwa teman memberikanmu senyuman, tetapi sahabat membetikanmu kebahagiaan. Tapi dalam hal ini, peran teman dan sahabat sangat membantu dalam pertukaran informasi. Dengan banyaknya teman dan sahabat, maka seacara tidak langsung kita dapat bertambah informasi-informasi berbeda. Peran inilah yang dapat membantu dalam refrensi untuk mencapai tujuan kita.

#Lingkungan

Lingkungan yang baik juga salah satu bagian dari media dukungan dalam mencapai keberhasilan. Lingkungan yang baik akan selalu mengarahkan kita terhadap hal – hal yang positif. Oleh karena itu, saya mengupayakan agar selalu berada di lingkungan yang baik. Agar segala pencapaian tujuan dalam kurun waktu tiga bulan kedepan nanti bias tercapai.

LANGKAH KEEMPAT – Hambatan

Kemalasan dan ketidak disiplinan adalah hambatan terbesar dalam meraih tujuan dengan hasil terbaik. Kemalasan dan ketidak disiplinan dapat menjerumus seseorang dalam keterpurukan dan ketidak berdayaan saat menempuh suatu tujuan. Bagi saya, hambatan terbesar saya adalah itu, apa lagi disertai dengan ketidak konsistenannya tingakat kerajinan saya. Sampai saat ini, kemalasan dan ketidak disiplinan selalu menyertai saya, akan tetapi, dengan segala dukungan dari penjelasan langkah ketiga yang saya kaji, semua terasa mudah. Hambatan apapun jika mengalir dukungan akan termotivasi sehingga memudahkan saya untuk terus berusaha mencapai tujuan.

Hambatan lainnya adalah;

1. Kebosanan (rasa bosan)
2. Kelelahan (rasa lelah)
3. Banyak tugas
4. Kehilangan
5. Teman yang buruk


LANGKAH KELIMA – Penetapan Tindakan

Penetapan tindakan yang saya lakukan berdasarkan ruang lingkup sebagai seorang mahasiswa saya klasifikasikan dalam tiga hal, Komitmen, motivasi dan prinsip hidup (motto).

#Komitmen dan Motivasi

Komitmen sangat penting dan harus diperlukan jika ingin mencapai tujuan. Dengan komitmen, kita bisa jadi pribadi yang disiplin, konsisten dan bertanggungjawab. Karena, salah satu sifat kesuksesan adalah disiplin, konsisten dan bertanggungjawab. Komitmen saya adalah jangan malas, disiplin dan aktif.

Bagai layar yang disapu angin, komitmen disertai motivasi, akan mudah menjalaninya. Motivasi akan memberikan semangat dalam hal positif. Ikhlas dan bertawakkal kepada Allah SWT adalah motivasi saya.

#Prinsip hidup (motto)

Orang yang tidak punya prinsip, akan jauh dari kesuksesan. Prinsip sangat memperngaruhi tindakan dan pemikiran seseorang, agar tidak plin – plan atau tidak punya pendirian dan akan mudah serta selalu bisa di kendalikan oleh orang lain dalam menentukan kebijakan dan perjalanan hidup. Prinsip saya, “Kita tidak akan pernah bisa saling memahami jika tidak pernah merasakan penderitaan dan kegagalan bukan akhir dari segalanya, tetapi ketakutanlah yang menjadi akhir dari kehidupan.”

Serang – Kamis, 27 Oktober 2011
Penyusun,

Gilang Gagas Perkasa

About gilanggp91

Berbagi informasi dan ilmu, semoga bermanfaat.

Posted on 27 Oktober 2011, in Dokumen and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Bersama Berbagi

Sedikit Sama Dengan Berbagi, Banyak Sama Dengan Berbagi Bersama

gilanggp91

Semoga bermanfaat

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

